Kamis, 25 Juli 2013

LEMBAR KERJA MS EXCEL

LEMBAR KERJA MICROSOFT EXCEL

Ada juga yang menyebut Layar Editing Microsoft Excel. Yang jelas, setelah kita klik
Start | Program | Microsoft Office | Microsoft Office Excel 2003, maka di layar PC kita akan muncul tampilan seperti ini:Secara Umum, seluruh tampilan ini dinamakan Layar Menu Editor Microsoft Excel, dengan uraian bagian sebagai berikut:
Klik pada gambar / image untuk melihat lebih jelas.
1 Title Bar atau Bar Judul
2 Menu Bar atau Toolbar Menu
3 Standar Bar atau Toolbar Standar
4 Formating Bar atau Toolbar Formating
5 Formula Bar atau Toolbar Formula
6 Column Header atau Kepala Kolom
7 Row Header atau Kepala Baris
8 Sheet atau Lembar Kerja
9 Control Window atau Kontrol Jendela Excel
10 Scrollbar Vertical
11 Task Pane
12 Scrollbar Horizontal
13 Tab Sheet
14 Status Bar

1. TITLE BAR
Dinamakan juga toolbar Judul, karena toolbar paling atas dalam Excel ini berfungsi menampilkan nama file danprogram yang sedang dijalankan.
Dalam contoh ini, di sebelah kiri tertulis Microsoft Excel - Book 1, yang kalau diterjemahkan sbb: Program yang sedang kita jalankan adalah Program Pengolah Kata Microsoft Excel, dengan nama file: Book 1.
Book 1 merupakan nama dasar sebuah file dari Ms.Excel, kependekan dari workbook.
apabila nantinya kita simpan atau kita Save, maka nama Book-1 ini akan berubah sesuai dengan nama file (file name) yang kita berikan pada saat menyimpan workbook excel ini.
Di sebelah kanan terdapat tiga buah pengontrol jendela Excel, yaitu Minimize, untuk menyembunyikan file sementara dari desktop, dan bisa dimunculkan kembali dnegan meng-kliknya di tab yang terdapat pada baris Start Menu di bawah desktop.
di bagian tengahnya ada tombol Maximize dan Restore, yang berfungsi untuk mengatur besarnya jendela Excel di layar, apakah akan diperbesar, atau diatur sekehendak kita.
Paling ujung terdapat tombol Exit, yang apabila di klik, akan menutup seluruh program Excel yang sedang dijalankan. Meskipun apabila ada data yang belum di save (belum disimpan ke memory penyimpana data), pada saat tombol ini di klik, Excel akan bertanya, apakah data akan di save atau tidak.

2. MENU BAR
Toolbar utama ini memuat seluruh perintah untuk Microsoft Excel, yang sebagian juga tersebar dalam toolbar lain.

3. STANDAR BAR
Toolbar ini lebih diarahkan untuk me-manage file seperti terdapat fasilitas N

Excel-4 Mengatur Tampilan Jendela Excel
Umh… di posting Excel-3, kita sedang mempelajari Layar Editor Ms. Excel. Jadi, tentunya, anggap saja kita sedang menghadapi Layar Kerja Program Pengolah Angka Microsoft Excel, OK?
Tapi jika sebelumnya terlanjur ditutup, silakan jalankan lagi dengan cara:
(klik) Start | All Program | Microsoft Office | Microsoft Excel 2003, untuk pengguna Office 2003 dan Widows XP Profesional
Jika Minggunakan Paket Microsoft Office XP, cukup mengklik:
Start | All Program | Microsoft Excel
Sampai muncul Layar Menu Editor Microsoft Excel Seperti ini: (Dalam posting kali ini, saya menggunakan Microsoft Excel dalam Paket Microsoft Office XP dengan OS Windows Server 2003 Standar Edition Jadi mohon maaf kalau tampilannya agak berbeda dengan posting-posting Excel sebelumnya. Tapi... sama saja, kok.. cuma tampilannya agak 'jadul'... classic gitu...)
Nah sekarang, kita pelajari cara:

MENGATUR TAMPILAN JENDELA EXCEL
1. Dari Kontrol Windows (Minimize, Restore dan Exit) pada Tittle bar.
Coba klik tombol yang kiri (Minimize)...
OOpss… Layar Excelnya hilang dari layar, kan?
Jangan kuatir, guys… hanya ngumpet eh, sembunyi dari layar, kok.Untuk memunculkannya kembali, coba kamu perhatikan deretan Taskbar dan Start Menu di bawah layar.Klik saja tab Microsoft Excel di bagian Taskbar., maka Layar Excel akan muncul kembali di Layar Monitormu!Jadi, Tab ini berfungsi sebagai Toggle atau Switch (=tombol saklar), kan?.Klik sekali, on atau muncul di layar, jika di klik lagi, akan off atau hilang dari layar…
Sekarang, Klik tombol yang tengah (Restore)
Apa yang terjadi?
Layar mengecil. (Sorry... langsung dijawab!)
Untuk mengembalikan ke tampilan semula, klik tombol (Maximize)
Kalau tombol yang ini paling kanan, (Exit atau Close), fungsinya untuk mengeluarkan atau menutup program Excel, apabila sudah tidak lagi dipergunakan. Jadi, jangan di klik sekarang, ya….
2. Dengan meng-klik 2x (Double click) Tittle Bar atau Bar Judul.
Pada saat layar penuh, jika kita klik dua kali (double click) Tittle Bar, maka Layar Excel akan mengecil, hal ini sama saja dengan meng-klik tombol Restore pada control window, kan?
Sedangkan kalau kita double klik kembali, maka Layar akan kembali membesar sepenuh layer. Hal ini sama saja dengan kalau kita meng-klik tombol Maximize pada saat layar Excel mengecil.
3. Dengan menggunakan Logo Excel
Coba klik Logo Excel yang ada pada Tittle Bar di sudut kana atas.
Kamu bisa lihat, ada menu yang merupakan control window juga.
Jadi lewat Logo Excel pun , kalian dapat mengatur tampilan Jendela Microsot Excel.
Kamu punya cara lainnya?
Silakan tuliskan di bagian komentar, OK?
MENGATUR ZOOM LEMBAR KERJA
1. Perhatikan pada Toolbar Standar. Di sana terdapat sebuah ikon seperti ini.Ini namanya ikon Zoom, untuk mengatur perbesaran Layar Kerja Microsoft Excel.
Secara Default, biasanya Excel mengatur perbesaran pada 100%, tetapi apabila kamu ingin memperbesar atau memperkecil layarnya, tinggal klik tombol panah dropdown di sebelahnya, dan pilih angka perbesaran yang kamu inginkan, misalnya pilih 75% untuk memperkecil layar kerja Excel
bagaimana jika perbesaran (Zoom) yang kita ingin kan tidak ada pada pilihan? Misalnya kita ingin membuat perbesaran menjadi 88%
Klik saja menu dropdownnya, kemudian langsung ganti angka 100% dengan mengetikkan angka 88, kemudian tekan tombol Enter di keyboard.
2. Cara lain mengatur perbesaran, dari menu View.
- Klik menu View | pilih dan klik Zoom
- Kamu bisa memilih perbesaran yang diinginkan, yang terdapat pada pilihan.
- Tetapi jika pada pilihan yang tersedia tidak ada perbesaran yang diinginkna, klik pada pilihan Custom, dan ketik perbesaran yang kamu inginkan, misalnya ketik angka 88 pad kotak disebelah kanan Custom, jika ingin perbesaran sampai 88%.
- Lalu klik tombol OK.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar